-

Selasa, 10 Oktober 2017

Bagaimana jerawat bisa terbentuk

Bagaimana jerawat bisa terbentuk,-  Setiap minggu, membuka layanan tanya jawab seputar masalah kesehatan. Dalam proyek ini, kami bekerja sama dengan tim dokter dari yang akan memberi jawaban atas pertanyaan yang disampaikan oleh pembaca. Berikut adalah salah satu pertanyaan yang sudah sampai di redaksi.

Pertanyaan
Saya pria berusia 20th. Saya pernah mengalami jerawat berlebihan ketika usia 17th 6 bulan kemudian wajah saya hilang dari jerawat. 6 bulan kemudian jerawat datang kembali dan siklusnya begitu. Apakah kendala yang terjadi sebenarnya? Terima kasih (stat_lovers)

Jawaban
Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sangat sering dijumpai. Faktor hormonal dipercaya memegang peran yang cukup penting akan terjadinya jerawat.

Jerawat seringkali muncul di daerah wajah, Selain di wajah, jerawat juga sering muncul di daerah leher, dada, punggung dan bahu. Daerah tersebut berkaitan dengan banyaknya kelenjar minyak, sebagai penyebab terjadinya jerawat.

Ada tiga faktor yang menjadi penyebab timbulnya jerawat :

a. Produksi minyak yang berlebih
b. Sel kulit mati yang berlebihan akan menimbulkan iritasi pada pori-pori
c. Berkembangnya bakteri pada kulit

Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Sumbatan ini dapat menjadi penyebab tonjolan pada pori-pori dan menjadi komedo yang berwarna putih. Atau, sumbatan dapat terbuka di permukaan kulit dan menghitam dan menjadi komedo yang berwarna hitam.

Tidak diketahui apa yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak yang menimbulkan jerawat. Tetapi beberapa hal – hormon, bakteri, perawatan medis tertentu dan keturunan – memainkan peran.

Perubahan hormon pada tubuh dapat memicu atau memperburuk jerawat. Perubahan ini biasa terjadi pada :

Remaja, baik laki-laki maupun perempuan
Wanita maupun anak gadis, pada dua sampai tujuh hari sebelum periode mentruasi
Wanita hamil
Orang-orang yang menggunakan pengobatan medis tertentu, termasuk adalah cortisone
Saat jerawat yang anda alami membaik atau hilang, Anda dapat melanjutkan
pengobatan medis atau perawatan lainnya untuk mencegah timbulnya jerawat baru.

Di luar itu, mmebersihkan kulit secara rutin dengan pembersih yang lembut serta menghindari bersentuhan dengan area jerawat juga dapat membantu pencegahan munculnya jerawat

Bersihkan area kulit yang memiliki kencenderungan jerawat akan timbul dua kali sehari. Membersihkan kulit akan menghilangkan kelebihan minyak dan sel kulit mati. Gunakanlah produk perawatan kulit yang berbahan dasar air dan bebas dari kandungan minyak.

Gunakan krim atau jel penghilang jerawat untuk membantu kulit tetap kering dari minyak yang berlebih.

Baca juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar